9 Cara Agar Ginjal Tetap Sehat

9 Cara Agar Ginjal Tetap Sehat – Menurut Dr. dr. Parlindungan Siregar SpPD-KGH, ginjal adalah salah satu organ terpenting dalam tubuh. Ginjal bekerja menyaring dan menghilangkan racun dan zat sisa yang tidak bermanfaat bagi tubuh. Ginjal bekerja sangat keras dengan menyaring 100 hingga 120 mililiter darah dalam 1 menit, sehingga total darah yang bersirkulasi dan disaring dalam ginjal adalah 180 liter dalam sehari. Hal tersebut dikatakan beliau dalam acara Peringatan Hari Ginjal Sedunia 2014 yang mengambil tema “Penyakit Ginjal Kronik dan Penuaan” yang bertempat di Hotel JW Marriot.

Fakta di lapangan berkata lain, ternyata banyak diantara kita yang tidak menyadari peran penting ginjal dan betapa kerasnya kerja ginjal untuk menopang hidup kita, sehingga banyak diantara kita yang mengabaikan kesehatan ginjal dengan melanggar aturan dalam pola hidup sehat.

Penyakit Ginjal Kronik (PGK) terjadi ketika terjadi kerusakan fungsi ginjal yang disebabkan tidak berfungsinya struktur dan fungsi ginjal secara normal. Hal tersebut mengakibatkan kemampuan ginjal menurun secara bertahap dan semakin memburuk. Penyakit Ginjal Kronik akan disertai beberapa gejala penyakit ginjal, misalnya berkurangnya nafsu makan, konsentrasi menurun, mudah lelah, mual, sesak napas, kram otot, pembengkakan kaki dan perubahan frekuensi buang air kecil.

9 Cara Agar Ginjal Tetap Sehat

Cara agar ginjal tetap sehat

Cara agar ginjal tetap sehat (Ilustrasi/Google Images)

Cara apa yang harus dilakukan agar ginjal tetap sehat? Berikut ini adalah beberapa cara menjaga kesehatan ginjal seperti dikatakan oleh Dr. dr. Parlindungan Siregar SpPD-KGH:

9 Cara Agar Ginjal Tetap Sehat Menurut Dr. dr. Parlindungan Siregar SpPD-KGH:

  1. Rutin berolahraga agar tubuh tetap sehat dan bugar.
  2. Menjaga berat badan pada angka yang ideal
  3. Menjaga kadar gula darah sesuai ambang batas normal dan menjaganya tetap stabil.
  4. Menjaga tekanan darah pada angka normal dan menjaganya tetap stabil
  5. Hanya mengonsumsi makanan dan minuman sehat
  6. Berhenti merokok. Untuk yang satu ini tidak perlu dibahas lagi, karena sudah jelas, merokok mengakibatkan berbagai masalah kesehatan dalam tubuh, termasuk pada ginjal
  7. Jangan terbiasa mengonsumsi obat penghilang rasa nyeri dalam jangka panjang.
  8. Memeriksa kesehatan ginjal secara berkala, terutama pada orang yang memiliki faktor pemicu gagal ginjal, yaitu penderita hipertensi, penderita diabetes melitus, orang yang sering mengonsumsi minuman keras, orang yang sering mengonsumsi obat-obatan dan orang yang memiliki pola hidup tidak sehat lainnya.
  9. Biasakan meminum air dalam jumlah yang cukup, yaitu berkisar antara 1000ml hingga 2.000 ml dalam sehari. Meminum air putih dalam jumlah yang cukup sangat membantu kerja ginjal dan membantu untuk mempertahankan ginjal tetap sehat. Air putih yang cukup akan mempermudah mekanisme pembuangan racun dan zat sisa akan melalui urine.

Penyakit Ginjal Kronis atau PGK dapat dihindari bila kita menjaga kesehatan, menjaga pola hidup sehat dan melakukan pemeriksaan ginjal sedini mungkin. Langkah-langkah nyata yang dilakukan untuk menghindari PGK akan membuat hidup kita lebih sehat dan lebih berkualitas.

Demikianlah Tips 9 Cara Agar Ginjal Tetap Sehat, semoga bermanfaat unutk Anda.

Leave a Reply

*