Apa Saja yang Perlu Diketahui Bagi Penderita Sakit Asam Urat?

By | December 26, 2014

Apa Saja yang Perlu Diketahui Bagi Penderita Sakit Asam Urat? Asam urat bisa muncul saat tubuh tak lagi bisa membuang hasil metabolisme dari purin yang berasal dari makanan yang dikonsumsi setiap hari seperti daging hingga sayuran dan buah. Ya, Purin adalah zat yang memang terdapat di setiap bahan makanan baik itu daging sapi, jeruk hingga sayur bayam dengan porsi berbeda pastinya. Keadaan akan baik baik saja jika asam urat bisa dikeluarkan melalui urin atau kotoran. Namun, karena ginjal memiliki keterbatasan dalam mengeluarkan asam urat, maka kadar asam urat pun semakin tinggi.

Akibat berlebihnya kandungan asam urat, maka terjadilah penumpukan pada persendian yang menyebabkan munculnya rasa nyeri dan bengkak. Itu sebabnya, mereka yang menderita sakit asam urat akan susah berjalan karena terasa sakit luar biasa.

Gejela Asam Urat

Adapun gejala umum yang terjadi adalah rasa nyeri terjadi baik malam atau pagi hari. Kemudian, kesemutan serta linu dan sendi akan berwarna merah terutama pada bagian yang bengkak. Umumnya, penyakit ini muncul kebanyakan pada pria dibandingkan perempuan, namun di usia tertentu atau saat menopause maka peningkatan asam urat rentan terjadi.

Apa Saja yang Perlu Diketahui Bagi Penderita Sakit Asam Urat?

Apa Saja yang Perlu Diketahui Bagi Penderita Sakit Asam Urat? (Ilustrasi)

 

Penyebab Asam Urat

Penyebab utama dari penyakit ini adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung purin sangat tinggi. Seperti usus, udang, kepiting, daging, susu kedelai, kangkung, kembang kol, jeroan, babat, limpa, kornet, tempe, daun singkong hingga minuman beralkohol. Bagaimana dengan buah atau sayuran? Meskipun terdapat purin di keduanya, bukan berarti kandungannya tinggi. Begitu juga dengan telur, sereal, coklat, roti putih, es krim, minyak zaitun, pasta, puding hingga beras sekalipun masih aman untuk dikonsumsi sehari hari.

Serangan asam urat bisa saja terjadi oleh karena beberapa faktor seperti makan dengan porsi berlebihan. Rasa lapar yang terlalu lama ditunda kadang membuat kita ingin menyantap segala jenis makanan. Hal ini sangat berpengaruh terhadap meningkatnya asam urat secara drastis karena protein di tubuh menjadi pecah.

Cara Mencegah Asam Urat

Bagaimana dengan pengobatan untuk mencegah munculnya asam urat? Caranya sangat mudah yaitu melakukan pengobatan dengan menggunakan bahan yang direkomendasikan oleh ahlinya baik medis maupun tradisional. Namun, yang perlu diingat adalah pentingnya mengontrol jenis makanan yang dikonsumsi sehari hari. Beberapa jenis makanan yang sudah disebutkan di atas sebaiknya benar benar dihindari.

Selain itu, mengkonsumsi air putih setidaknya 8 gelas per hari bisa membantu tubuh untuk membuang urin melalui keringat ataupun air seni. Dan jangan lupa, hindarkan minuman beralkohol meski untuk segelas perhari. Dan, olahraga secara teratur juga mengurangi resiko persendian mengalami serangan asam urat dan memberi hasil berkurangnya berat badan.

Bagaimana dengan kopi? Boleh boleh saja dikonsumsi sepanjang membatasi penggunaannya mengingat kandungan di dalamnya bisa membuat asam urat muncul.

Demikianlah artikel Apa Saja yang Perlu Diketahui Bagi Penderita Sakit Asam Urat?, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *