Makanan yang harus dihindari bagi penderita asam urat
Makanan yang harus dihindari bagi penderita asam urat (Ilustrasi/pixabay)

Asam Urat: Pengertian dan Makanan Yang Perlu Dihindari

Asam urat atau yang dalam bahasa medis disebut artritis gout, adalah peradangan sendi akibat penumpukan kristal monosodium urat di persendian. Pola hidup, obesitas, konsumsi alko**l dan makanan yang tinggi kadar purin sangat mempengaruhi terjadinya artritis gout. Selain itu, kondisi medis tertentu seperti penyakit ginjal kronik dan hipertensi meningkatkan risiko terjadinya artritis gout ini.

Asam urat diproduksi melalui pemecahan zat kimia yang bernama purin. Secara alami, purin dapat ditemukan di dalam tubuh kita. Namun beberapa jenis makanan tertentu juga diketahui mengandung purin. Asam urat yang telah terbentuk nantinya akan dibuang bersamaan dengan air seni keluar tubuh. Namun dalam kondisi tertentu, ketika produksi asam urat meningkat, atau pengeluarannya terhambat, atau kombinasi kedua hal tersebut, kadar asam urat di dalam darah akan meningkat.

Makanan yang harus dihindari bagi penderita asam urat
Makanan yang harus dihindari bagi penderita asam urat (Ilustrasi/pixabay)

Fokus terapi pada penderita artritis gout tidak hanya mengonsumsi obat-obatan untuk mengatur kadar asam urat di dalam darah, melainkan juga memperhatikan diet yang sehat dan seimbang. Telah dilakukan berbagai penelitian terhadap berbagai bahan makanan yang memiliki kadar purin. Namun demikian daftar makanan yang mengandung purin ini sangat banyak dan susah untuk diaplikasikan sehari-hari.

Makanan yang harus dihindari bagi penderita asam urat

Oleh karena itu, perlu menjadi catatan penting bahwa ada beberapa jenis makanan yang memang seyogyanya dihindari, namun tidak berarti semua makanan yang mengandung purin ini tidak boleh dikonsumsi oleh penderita artritis gout. Berikut adalah bahan makanan yang sebaiknya dihindari oleh penderita artritis gout:

  1. Jeroan, seperti hati, ampela, dan ginjal mengandung tinggi purin yang berkontribusi meningkatkan kadar asam urat di dalam darah.
  2. Seafood tertentu seperti tuna, sarden, ikan teri, remis, atau makerel.
  3. Alk**ol
    Metabolisme alk**ol di dalam tubuh diketahui dapat meningkatkan produksi asam urat di dalam tubuh.

Makanan yg boleh dikonsumsi penderita asam urat

Beberapa jenis sayuran hijau seperti bayam, kacang polong, dan asparagus diketahui memiliki kadar purin yang tinggi. Namun demikian, beberapa penelitian menunjukkan konsumsi sayuran tersebut tidak meningkatkan angka kejadian artritis gout sehingga tidak apa-apa untuk dikonsumsi sehari-hari.

Konsumsi kopi dalam jumlah cukup, vitamin c, dan air putih juga diketahui menurunkan risiko serangan artritis gout.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- bentuk angin duduk, - cara mengatasi daya tahan tubuh biar selalu fit, - makanan penyebab kram usus, - makanan yg perlu dihindari dr penyakit asam urat

data-ad-format="link">
Asam Urat: Pengertian dan Makanan Yang Perlu Dihindari Post in | Last updated: September 12th, 2016 | 29 views
Tim Blogger Infosehatkeluarga.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *