Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Urat

By | September 22, 2015

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Urat Asam urat, atau dalam bahasa medis disebut sebagai “gout arthritis“ termasuk salah satu gangguan kesehatan yang sering diderita oleh orang berusia lanjut, walaupun saat ini sudah tidak sedikit pula orang muda yang terserang penyakit asam urat. Walaupun tidak membahayakan jiwa, tetapi rasa nyeri yang disebabkan asam urat sangat menyakitkan bagi penderitanya.

Batas kadar asam urat normal berkisar antara 3,5 – 7 mg/dl. Satu-satunya jalan untuk mengetahui tinggi rendahnya kadar asam urat, Anda harus memeriksakan diri ke dokter. Gejala asam urat akan terasa ketika kadar asam urat dalam sendi sudah terlalu tinggi dan menimbulkan rasa sakit. Di sisi lain, pandangan bahwa asam urat tidak berbahaya justru menyebabkan sebagian besar dari kita mengabaikan akan kemungkinan terserang asam urat di kemudian hari.

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Urat

Kali ini kami akan membahas beberapa makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat. Sebagian besar makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat adalah makanan hewani dan sebagian lainnya adalah makanan nabati. Dibawah ini adalah beberapa makanan yang dengan kadar purin tinggi yang harus anda hindari agar terhindar dari asam urat:

Makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat adalah sbb:

  1. Anchovies

  2. Jeroan, misalnya otak, hati, ampela dan usus

  3. Beberapa jenis ikan, misalnya tuna, tongkol. (termasuk sarden dan mackerel)

  4. Daging yang berwarna merah, misalnya daging sapi, daging kerbau, daging babi dan daging kambing

  5. Sea food, misalnya udang, kepiting dan scallop

  6. Selain itu ada beberapa jenis makanan nabati (berasal dari tumbuhan) yang sehat dikonsumsi oleh orang biasa, namun tidak sehat bila dikonsumsi oleh seseorang dengan kadar asam urat yang tinggi, misalnya asparagus, jamur, bayam, tahu, tempe dan kangkung. Semua makanan tersebut mengandung purin dalam kadar yang cukup tinggi sehingga jumlah konsumsi terhadap makanan tersebut harus dibatasi.

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Urat

Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Urat (Ilustrasi)

Makanan yang aman dikonsusmi oleh penderita asam urat adalah sbb:

  1. Bahan makanan pokok, misalnya beras putih, beras merah, singkong dan jagung

  2. Bahan makanan dari daging unggas, misalnya telur, daging ayam, daging bebek, daging burung puyuh. Tapi ingat, jeroan tidak baik dikonsumsi oleh penderita asam urat.

  3. Buah-buahan

  4. Keju

Jadi secara singkat, asam urat terjadi karena terdapat endapan asam urat di beberapa bagian tubuh. Kadar asam urat yang terlalu tinggi dan tidak ter-metabolisir secara baik akan menyebabkan asam urat. Ketika seseorang tidak menjaga pola hidup dan asupan makan, maka kemungkinan terserang asam urat menjadi sangat besar. Tinggi rendahnya kadar asam urat dalam tubuh sangat bergantung pada pola makan dan aktifitas sehari-hari.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang makanan apa saja yang harus dihindari atau baik dikonsumsi oleh penderita asam urat, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli gizi dan sekaligus mendapatkan menu harian untuk mengurangi gejala asam urat yang sedang Anda derita.

Sebagai catatan, diet rendah purin tersebut tidak memberikan manfaat secara langsung terhadap penyembuhan asam urat atau gout arthritis. Setidaknya, melakukan diet rendah purin akan menghindarkan Anda dari derita asam urat yang lebih parah. Selain melakukan diet rendah purin, Anda juga diharuskan berkonsultasi dengan dokter. Dari situ Anda akan mendapatkan obat untuk mengurangi kadar asam urat dan mengurangi rasa sakit akibat asam urat.

Itulah Makanan Yang Harus Dihindari Oleh Penderita Asam Urat, semoga informasi kesehatan tersebut bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *