Cara mengobati masuk angin
Cara mengobati masuk angin (Ilustrasi/pixabay)

Masuk Angin dan Cara Praktis Mengobatinya

Masuk Angin dan Cara Praktis Mengobatinya – Masuk angin merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh berkumpulnya gas yang sangat merata di dalam tubuh kita. Menurut mitos, masuk angin merupakan penyakit yang nyata, tetapi saat ini pernyataan tersebut belum dibuktikan secara medis, tetapi walaupun masih mitos, masuk angin ini
banyak sekali penderitanya. Masuk angin ini mirip influenza karena penyebab dan gejalanya hampir sama.

Penyebab Utama Masuk Angin

Penyebab utama masuk angin biasanya karena udara dingin yang berlebihan, misalnya terlalu berlama-lama di ruangan yang ber-AC, kehujanan atau bermain hujan, cuaca yang ekstrim, dan penyebab lainya seperti terlalu banyak tertawa, salah makan, kurang buang gas atau terlalu kelelahan, dan sebutan masyarakat untuk masuk angin ketika merasa badan tidak enak. Dan biasanya bila pergantian cuaca saat ini dari musim penghujan ke kemarau atau sebaliknya. Di masa transisi cuaca ini, angin bertiup kencang dan sering disalahkan karena masuk ke badan atau tubuh tanpa kulo nuwun sehingga penyebab utama badan terasa tidak enak. Pada saat di musim bukan pancaroba pun, masuk angin terkadang atau bahkan sering menghinggapi orang-orang tertentu. Masuk angin kadang singgah di tubuh orang yang banyak begadang, kurang banyak tidur atau kurang rehat. Dan gara-gara masuk angin tak di undang ini, badan merasa kurang enak ketika bangun pagi hari.

Menurut medis bahwa masuk angin merupakan kumpulan gejala yang terjadi akibat kelelahan fisik, terlambat makan dan stress pikiran, dari ketiga gabungan hal itu maka terjadilah pembentukan gas berlebihan di lambung dan usus, karena penuhnya di usus itulah terjadi mulas, serta merta diikuti mual dan muntah dan bila pembentukan gas yang berlebihan di lambung sehingga perut akan tertekan oleh gas dan menyebabkan rasa mual sehingga menekan nafsu makan.

Selain disebutkan di atas tentang gejala masuk angin diantaranya adalah : tubuh terasa tidak nyaman, kedinginan (terutama ujung jari kaki dan tangan, cegukan, perut kembung, sering mengantuk, demam, diare, keringat dingin).

Cara mengobati masuk angin
Cara mengobati masuk angin (Ilustrasi/pixabay)

Setiap terkena penyakit atau masuk angin tentu ada penawarnya yaitu obat atau jamu tetapi ini berbeda yang lainnya, bukan obat atau jamu tetapi dengan cara yang ekstrem 🙂 , yaitu:

  1. Siapkan 3 atau 4 bonggol jahe yang besar, kemudian cuci dan parut atau di blender (tidak usah dikupas Jahenya) setelah halus tambahkan satu sendok garam dapur kemudian aduk.
  2. Setelah sudah menjadi halus, gosokan parutan jahe yang telah dicampur ke tubuh kita, di daerah dada, lengan, telapak kaki, gosok merata sambil sedikit dipijat-pijak dan dibiarkan selama 20 menit sampai serasa hangat menjalari setiap urat dan sendi-sendinya.
  3. Setelah itu gunakan handuk yang telah dibasahi dengan air setengah panas untuk mengelap tubuh yang telah dilumuri Jahe tadi. Dan setelah itu rasakan tubuh akan berangsur-angsur pulih dan segala keluhan akan berkurang.

Demikianlah cara mengobati masuk angin secara tradisional tanpa jamu atau minum obat dan semoga bermanfaat.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- masuk angin, - kaki masuk angin, - penawar masuk angin, - masuk angin di kaki, - apakah kaki bisa masuk angin, - Obat penawar masuk angin, - cara menghilangkan angin di tapak kaki, - mencret gara gara masuk angin, - kaki dingin saat masuk angin, - akibat angin di kaki

data-ad-format="link">
Masuk Angin dan Cara Praktis Mengobatinya Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 1,234 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

2 thoughts on “Masuk Angin dan Cara Praktis Mengobatinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *