Mengapa Saya Sering Merasa Letih ?
Mengapa Saya Sering Merasa Letih ? (Ilustrasi/pixabay)

Mengapa Saya Sering Merasa Letih ?

Lelah dan letih merupakan salah satu gejala yang sering dikeluhkan pasien, demikian dikatakan oleh dr. Rupal Shah, seorang dokter di London. “Banyak pasien datang dengan keluhan sering merasa lelah dan kurang tenaga, padahal mereka telah merasa tidur cukup, dan hal ini bisa berlangsung berbulan-bulan.”

Secara umum, satu di antara lima orang kerap mengeluhkan sering merasa lelah, dan satu dari 10 orang akan mengalami kelelahan dalam jangka waktu lama (kronis), demikian yang dipaparkan oleh Royal College of Psychiatrists di Inggris. Adapun perempuan cenderung merasa lebih lelah dibandingkan laki-laki. Bisa jadi tidak ada kelainan fisik pada mereka yang mempunyai keluhan rasa lelah, akan tetapi sering kali berkaitan dengan mood dan akumulasi dari banyak hal yang menyerap energi atau menimbulkan energi negatif seperti stres dalam pekerjaan atau kehidupan rumah tangga.

Mengapa Saya Sering Merasa Letih ?
Mengapa Saya Sering Merasa Letih ? (Ilustrasi/pixabay)

Selain itu, ada beberapa hal yang berpotensi menimbulkan kelelahan sehingga seseorang terlihat tidak fit dan tidak begitu prima melakukan aktivitas, seperti menstruasi yang terlalu banyak pada perempuan, penurunan berat badan, keluhan saluran pencernaan, rambut rontok, kehausan yang ekstrem, dan lain sebagainya. Juga saatnya untuk mengevaluasi apa-apa yang terjadi dengan :

  • Pekerjaan atau kegiatan di rumah tangga
  • Kejadian yang bisa memicu kelelahan fisik seperti percekcokan dalam rumah tangga atau perceraian.
  • Gaya hidup tertentu yang membuat badan menjadi tidak fit.
  • Penyakit yang mendasari seperti anemia, kelainan kelenjar tiroid, diabetes atau gangguan tidur (sleep apnea)
  • Kehamilan terutama pada 12 minggu pertama

Penyebab Kelelahan Terbanyak ialah Faktor Psikis

Fenomena kelelahan psikologis lebih banyak terjadi dibandingkan kelelahan yang timbul karena kelainan fisik. Salah satu penyebabnya ialah rasa cemas yang bisa jadi mencetuskan insomnia atau kesulitan tidur, ataupun kualitas tidur menjadi kurang baik, akhirnya akan menimbulkan rasa lelah yang berlarut-larut. Sebuah survei yang dilakukan oleh Mental Health Foundation menemukan bahwa hampir sepertiga dari populasi mengalami kurang tidur yang sering diakibatkan oleh hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan (misalkan kurang menyukai jenis pekerjaan atau bermasalah dengan kolega dan atasan di kantor) atau kekhawatiran yang berkaitan dengan uang (khawatir tidak bisa membayar hutang, uang sekolah anak atau membayar macam-macam angsuran).

Tips Agar Badan Lebih Segar

  • Makan porsi sedikit tapi sering lebih baik dibandingkan makan tiga kali sehari tapi dalam porsi yang banyak, karena proses mencerna makanan memerlukan banyak energi, maka kerap kali setiap makan, energi yang ada terserap hingga orang merasakan kantuk yang luar biasa.
  • Olahraga yang teratur akan membuat badan lebih bugar, memang pada awalnya Anda akan merasakan sakit dan pegal di sekujur tubuh, namun dengan porsi olahraga yang baik dalam jangka waktu lama
  • Apabila berat badan Anda termasuk berlebih bahkan Anda terkena obesitas, sudah saatnya untuk disiplin mengikuti program diet tertentu diikuti oleh aktivitas fisik yang seimbang. Kelebihan berat badan akan membuat beban jantung bertambah untuk memompakan darah ke seluruh tubuh sehingga Anda akan lebih cenderung merasa lemah dan lesu.
  • Juga termasuk yang jarang diperhatikan ialah memerhatikan pola minum air putih. Dengan cukup mengonsumsi air putih maka metabolisme tubuh akan terbantu dan kadang dehidrasi ringan sudah cukup membuat orang merasa lelah.

data-ad-format="link">
Mengapa Saya Sering Merasa Letih ? Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 13 views
Kontributor Infosehatkeluarga.com - Reigersbos, Amsterdam. Enthusiastic, experienced in marketing, healthcare and customer care over 10 years with an excellent interpersonal and team-management skills

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *