menjaga pola makan sehat
menjaga pola makan sehat

Tips Agar Tetap Menjaga Pola Makan Sehat Meski di Tempat Kerja

Infosehatkeluarga.com – Mengatur pola makan agar hanya mengonsumsi makanan sehat setiap harinya bukan perkara mudah, terlebih apabila berada di tempat kerja. Kesibukan kantor yang padat malah justru dapat membuat anda melupakan makan atau terpaksa selalu menyantap makanan instan karena alasan kepraktisan. Namun, jika itu terus dibiarkan, tentu saja tidak baik untuk kesehatan. Lalu gimana nih solusinya? Nah, simak baik-baik tips menjaga pola makan sehat ini ya:

  1. Jangan lupa sarapan

Sebelum anda berangkat ke kantor di pagi hari, jangan lupakan sarapan dengan menu sehat dulu di rumah. Sarapan ini penting lho agar anda dapat beraktivitas dengan baik sampai siang hari. Sebaiknya ketika sarapan, pilih menu makanan yang perlu waktu untuk dicerna agar dapat bertahan hingga tengah hari, semisal: roti gandum dan telur dadar dengan tambahan bawang bombay, tomat, serta paprika.

  1. Jangan lewatkan makan siang
menjaga pola makan sehat
menjaga pola makan sehat

Jangan sampai anda tidak makan siang meskipun banyak kesibukan di kantor. Bagaimana pun tubuh anda memerlukan suplai energi untuk tetap memiliki tenaga dalam menjalankan segala aktivitas yang padat. Selain itu, lewat mengisi perut dengan makan siang, anda pun dapat beristirahat sejenak dari beban pikiran yang menumpuk akibat pekerjaan. Nikmati saja makan siang anda agar otak lebih siap berkonsentrasi, terlebih untuk memperbaiki mood anda agar dapat bekerja dengan lebih baik lagi.

  1. Atur porsi cemilan

Jika anda sedang menjalani diet sehat, bukan berarti anda tidak boeh makan cemilan lho. Boleh saja ketika anda ingin menikmati makanan kecil atau pun kue-kue yang disediakan selama meeting. Yang perlu anda perhatikan ialah mengatur berapa banyak kalori yang sudah masuk ke dalam perut lewat memakan cemilan. Jangan sampai karena merasa cemilan hanya makanan kecil yang tidak mengenyangkan, maka anda terus-terusan memakannya. Aturannya ialah, anda boleh memakan cemilan asal tahu porsinya. Sebaiknya bawa sendiri cemilan sehat yang berasal dari makanan rebus, seperti: ubi rebus dan pisang rebus.

  1. Terapkan makan malam sehat

Di malam hari, kesibukan tidak akan sepadat pada pagi hingga sore hari. Jadi, porsi karbohidrat bisa dikurangi. Jika anda sedang lembur di kantor dan berniat untuk makan di rumah saja, anda bisa mengonsumsi buah terlebih dulu ketika di kantor. Untuk menu makan malam sebaiknya dilengkapi dengan protein, sayur dan buah. Demikianlah tips menjaga pola makan sehat meskipun sedang berada di tempat kerja dan punya banyak kesibukan. Pola makan yang baik bukan hanya sekadar untuk menjaga berat badan tetap ideal, tapi juga usaha untuk mencegah berbagai penyakit. Selamat mencoba.

data-ad-format="link">
Tips Agar Tetap Menjaga Pola Makan Sehat Meski di Tempat Kerja Post in | Last updated: August 6th, 2017 | 114 views
Wanita kelahiran Pekalongan, 30 November 1993. Merupakan lulusan perguruan tinggi swasta bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menyukai dunia tulis-menulis sejak kecil. Menulis akan semakin menumbuhkan semangat untuk mencari berbagai referensi sehingga dapat menambah pengetahuan, dan ia juga akan sangat senang jika yang dia tulis dapat bermanfaat untuk orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *