Tips Menurunkan Berat Badan dengan Aman

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Aman

Menurunkan berat badan dengan aman

Menurunkan berat badan dengan aman (Ilustrasi/picserver)

Memiliki tubuh yang langsing layaknya model tentunya adalah salah satu hal yang didambakan hampir sebagian besar wanita di dunia. Hal ini bahkan sering menjelma menjadi suatu bentuk obsesi yang membuat seorang wanita dapat melakukan apapun untuk mendapatkan tubuh langsing ini, termasuk menghamburkan banyak uang untuk membeli sejumlah produk/ obat-obatan yang diklaim memiliki khasiat dalam menurunkan berat badan secara instan dan cepat. Hal ini memang adalah hal yang sah saja untuk dilakukan, namun jika ada cara penurunan berat badan yang relatif lebih efektif dan aman dibandingkan mengonsumsi obat-obatan pelangsing, “mengapa tidak menjadikan hal tersebut sebagai pilihan?”.

Berbicara mengenai cara penurunan berat badan, pastinya kata diet tidak dapat dipisahkan dari hal tersebut. Diet sendiri banyak diartikan dalam definisi yang salah di Indonesia, banyak orang menganggap diet sebagai kegiatan menghilangkan kata makan dari kehidupan kita alias menghilangkan jadwal makan. Hal tersebut jelas merupakan definisi yang salah, jika dipaparkan dengan lebih sederhana, diet adalah pengaturan pola makan guna mendapatkan penurunan berat makan. Diet pun tidak dapat dilakukan secara asal-asalan, karena dapat membahayakan tubuh dari segi kesehatan (terkait dengan penyakit yang disebabkan kekurangan asupan gizi).

Untuk anda yang saat ini mungkin tengah menjalani/ running diet program. Berikut ini ada beberapa tips yang dapat membuat proses diet anda lebih efektif dan aman:

Tips Menurunkan Berat Badan dengan Aman

  • Seperti poin yang telah disinggung sebelumnya, diet adalah suatu bentuk pengaturan pola makan untuk penurunan berat badan. Namun banyak orang merasa kesulitan dalam mengatur kembali pola makan ini. Untuk hal itu, anda harus membentuk mindset anda sendiri mengenai porsi makan. Cara yang dapat anda gunakan adalah dengan mengganti piring makan yang biasa anda gunakan dengan ukuran porsi yang lebih kecil, hal tersebut akan membantu anda membiasakan diri dengan pola makan baru anda.
  • Masih terkait dengan pola makan, salah satu hal yang dapat menggagalkan program diet dan menyebabkan kegemukan adalah mengemil. Mengemil dapat dikategorikan sebagai kebiasaan makan yang tidak sehat. Kebiasaan mengemil dapat membuat tubuh anda mendapatkan beban extra dalam proses pembakaran kalori, sehingga metabolisme menjadi tidak maksimum. Hal tersebut berpotensi membuat terjadinya penumpukkan lemak di bawah jaringan kulit dan menyebabkan kegemukan.
  • Poin terakhir tentunya berkaitan dengan olahraga, olahraga dalam program diet memiliki peranan sebagai peningkat kemampuan tubuh dalam mengurai lemak/ kalori berlebih yang menumpuk di dalam tubuh(metabolisme). Untuk olahraga sendiri, anda sangat disarankan untuk berolahraga minimal 3 hingga 4 kali setiap minggu (15-30 menit tiap kalinya).

Untuk memaksimalkan program diet anda, berikut ini juga ada beberapa menu diet yang dapat membantu penurunan berat badan anda:

  • Mengonsumsi jeruk lemon
Menu diet jeruk lemon

Menu diet jeruk lemon

Jeruk lemon sangat dianjurkan untuk dimasukkan ke dalam menu diet, dikarenakan kandungan vitamin C nya yang tinggi serta khasiatnya yang dipercaya dapat mengurangi tumpukan lemak di dalam tubuh. Anda dapat mengonsumsi buah yang memiliki rasa asam ini dalam bentuk minuman dengan menyeduhnya dengan 150 mL air hangat. Untuk mengurangi rasa asamnya, anda juga dapat menambahkan satu sendok teh madu sebagai pemanis. Anda dapat mengonsumsi minuman ini pada saat sarapan dan juga lunch/ makan siang.

  • Mengurangi makanan asin
Mengurangi makanan asin

Mengurangi makanan asin (Ilustrasi/pixabay)

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rasa asin/ garam dapat meningkatkan selera/ nafsu makan seseorang. Selain itu, garam juga memiliki kemampuan mengikat air di dalam tubuh yang akan membuat tubuh tanpa buncit.

  • Menyeimbangkan asupan makanan berkarbohidrat
Menyeimbangkan asupan makanan berkarbohidrat

Menyeimbangkan asupan makanan berkarbohidrat (Ilustrasi/pixabay)

Jika anda pernah mendengar mengenai diet Atkins yang memusatkan program diet karbohidrat dalam penurunan berat badan, anda mungkin kurang lebih telah sedikt paham mengenai poin ini. Meski konsep diet Atkins tidak sepenuhnya benar, anda dapat mengambil poin penting bahwa pengaturan asupan karbohidrat dapat membantu dalam penurunan berat badan. Jumlah asupan Karbohidrat berlebih dalam tubuh bukanlah hal yang baik. Layaknya lemak, karbohidrat yang berlebih akan disimpan oleh tubuh di bawah jaringan tubuh dan memicu kegemukan. Untuk yang satu ini, anda dapat mencoba mengganti nasi dengan roti gandum yang memiliki karbohidrat rendah dengan jumlah serat yang banyak.

[Baca juga: Diet Atkins, Diet Larbohidrat]

Demikianlah artikel mengenai Tips Menurunkan Berat Badan dengan Aman, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

*