6 Gejala Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi Yang Harus Diwaspadai 1

6 Gejala Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi Yang Harus Diwaspadai

6 Gejala Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi Yang Harus Diwaspadai – Tekanan darah tinggi atau biasa disebut sebagai hipertensi merupakan gangguan kesehatan yang bagi sebagian orang dianggap sepele. Hal tersebut terjadi karena pengetahuan yang kurang tentang akibat buruk yang disebabkan oleh tekanan darah tinggi. Untuk menambah pemahaman Anda, kali ini kami akan membahas tentang 6 Gejala Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi Yang Harus Diwaspadai. Simak penjelasannya sebagai berikut:

Gejala Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi Yang Harus Diwaspadai

Bahaya hipertensi atau tekanan darah tinggi:

Hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah jenis gangguan kesehatan yang dialami oleh banyak orang. Biasanya orang yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi sering mengalami sakit kepala dan mata berkunang-kunang. Hipertensi sebenarnya lebih berbahaya dari sekedar rasa pusing dan mata berkunang-kunang. Hipertensi atau tekanan darah tinggi dapat menyebabkan resiko yang mematikan, dan salah satu yang paling sering terjadi adalah stroke, yaitu pecahnya pembuluh darah di otak yang menyebabkan kelumpuhan pada sebagian atau seluruh tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian dalam waktu yang sangat cepat.

Penyebab hipertensi atau tekanan darah tinggi:

Terdapat berbagai faktor yang dapat mempengaruhi tekanan darah seseorang, misalnya usia, riwayat kesehatan keluarga, jenis aktivitas fisik, obesitas, merokok, dan mengonsumsi alkohol. Faktor-faktor yang sudah disebutkan di atas dapat memicu berbagai masalah kesehatan, misalnya gagal ginjal, jantung koroner, dan tentunya stroke.

Karena resiko itulah menjadi sangat penting untuk mengenali berbagai gejala awal tekanan darah tinggi sebelum menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan. Baca juga: Bukan Garam Penyebab Hipertensi, Melainkan Gula.

6 Gejala Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi Yang Harus Diwaspadai

  1. Sakit kepala:
    Tekanan darah di atas 180/110 mmHg dapat menyebabkan sakit kepala. Dan bila sakit kepala terjadi berulang-ulang, maka Anda patut khawatir dan memeriksakan diri tentang kondisi tekanan darah Anda.
  2. Mimisan:
    Mimisan merupakan gejala awal dari tekanan darah tinggi. Untuk mencegah resiko yang lebih serius, periksakan tekanan darah Anda, terlebih jika Anda mengalami mimisan secara tiba-tiba dan sulit dihentikan.
  3. Terlihat titik darah di mata:
    Titik darah yang terdapat pada mata bisa terjadi karena adanya pembekuan darah yang disebabkan hipertensi. Jadi jika Anda mengalaminya, segera periksakan tekanan darah Anda.
  4. Mati rasa dan kesemutan:
    Mati rasa dan kesemutan juga termasuk dalam gejala awal hipertensi atau tekanan darah tinggi. Hal tersebut terjadi karena tekanan darah yang terlalu tinggi akan menghambat peredaran darah dalam tubuh Anda sehingga menyebabkan mati rasa dan kesemutan.
  5. Sering mual dan muntah:
    Gejala lain yang menyertai penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah mual dan rasa ingin muntah yang terjadi berulang-ulang. Meski rasa mual dan muntah juga terjadi pada seseorang yang menderita gangguan kesehatan lain, rasa mual dan muntah yang disebabkan karena hipertensi bisa dibedakan. Seseorang yang menderita hipertensi akan merasakan mual dan muntah yang disertai dengan napas yang pendek dan pandangan mata yang kabur.
  6. Pusing:
    Rasa pusing yang terjadi pada penderita hipertensi sama dengan rasa sakit kepala yang dialami oleh penderita vertigo. Seseorang yang merasakan pening atau pusing terlalu sering harus lebih hati-hati karena pening atau pusing yang terlalu sering juga menjadi salah satu indikasi hipertensi atau tekanan darah tinggi.

Bila Anda mengalami satu atau beberapa gejala di atas, segera cek tekanan darah Anda ke dokter. Untuk menurunkan tekanan darah tinggi yang Anda alami, dokter akan memberikan obat penurun tekanan darah. Selain itu dokter juga akan menyarankan agar Anda mengelola emosi untuk mencegah serangan hipertensi yang dapat terjadi kapan pun.

Demikianlah penjelasan 6 Gejala Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi Yang Harus Diwaspadai, semoga bermanfaat untuk Anda.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- kenapa pasien hipertensi sering mengalami pusing, - penjelasan penyebab mual muntah pada hipertensi, - hipertensi dan muntah, - tensi tinggi dan masuk angin bisa pengaruh ke mata, - jika darah tinggi kenapa muntah2, - apa sebab penderita hipertensi selalu mual dan mau muntah, - hipertensi disertai mutah, - hipertensi muntah darah, - kenapa hipertensi menyebabkan mual muntah, - apakah gejala hipertensi diserai muntah?

data-ad-format="link">
6 Gejala Hipertensi atau Tekanan Darah Tinggi Yang Harus Diwaspadai Post in | Last updated: June 6th, 2018 | 3,993 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *