6 Manfaat Alami Murbei

Mulberry atau yang kita kenal dengan murberi, buah yang cenderung terasa agak masam dan berbentuk seperti anggur namun lebih kecil ukurannya. Buah yang tumbuh subur di daerah tropis dengan kelembapan yang agak tinggi ini mengandung banyak anti oksidan yang baik untuk kulit. Namun, apa itu saja manfaatnya? Berikut 6 manfaat buah murbei yang kurang diketahui banyak orang.

Manfaat Murbei

Manfaat Murbei (Gambar: Wikipedia)

1. Sumber antioksidan

Di seluruh bagian baik buah, daun, maupun batang mengandung banyak antioksidan di mana antioksidan membantu mengurangi efek buruk yang disebabkan paparan radikal bebas. Salah satunya ialah reseveratrol yang terbukti dalam suatu penelitian di Pusat Ilmu Kesehatan University of Texas mengakui reseveratrol mempunyai dampak positif sebagai anti-aging. Sehingga akan memperlambat proses penuaan.

2. Membantu sistem imun

Mulberry yang mengandung senyawa alkaloids mampu mengaktifkan macrophages. Yakni sel darah putih yang menstimulasi system imun pada level tinggi sehingga dengan cepat melawan berbagai ancaman kesehatan.

3. Menjaga kadar gula dalam darah

Mulberry dipercaya mengandung senyawa yang membantu menyeimbangkan kadar gula darah. Dalam pengobatan Cina, Trinidad, dan Tobago misalnya, telah menggunakan daun mulberry untuk menyeimbangkan kadar gula dalam darah. Hal ini tentu saja baik bagi penderita diabetes untuk menormalkan kembali kadar gula mereka.

4. Mengurangi iritasi

Praktisi pengobatan tradisional Cina telah menggunakan mulberry sebagai penawar terhadap pembengkakan dan iritasi. Penelitian terbaru di Rumania telah menemukan bahwa daun mulberry dikombinasi dengan curcumin bisa dijadikan penawar alami terhadap berbagai iritasi.

5. Mengurangi risiko kanker

Selama ratusan tahun, mulberry sudah menjadi bagian dari pengobatan tradisional Cina sebagai obat melawan kanker. Beberapa peneliti percaya bahwa efek pencegahan ini sebenarnya memiliki dasar ilmiah. Beberapa penelitian menyebutkan antioksidan dalam jus mulberry bisa mengurangi tingkat stres seseorang sehingga berpotensi mengurangi risiko kanker. Karena tingkat stres seseorang bisa sebagai pemicu kanker.

6. Melindungi otak

Benarkah mulberry mempunyai dampak terhadap otak? Para peneliti di Khon Kaen University di Thailand menjawab pertanyaan ini dengan menguji efek mulberry pada tikus jantan yang menderita kelemahan daya ingat dan kerusakan otak. Meskipun investigasi lebih jauh diperlukan sebelum dinyatakan memiliki dampak yang signifikan, tikus yang telah mengonsumsi mulberry mempunyai ingatan yang lebih baik dan mengurangi tingkat stres.

Itulah manfaat lain yang didapat dari buah kecil yang jarang dikonsumsi orang banyak bernama mulberry. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita. Sehat berawal dari kesadaran diri. Salam sukses luar biasa.

Leave a Reply

*