Hindari Melakukan 5 Hal Ini Saat Bangun Tidur
Hindari Melakukan 5 Hal Ini Saat Bangun Tidur (Ilustrasi/pixabay)

Hindari Melakukan 5 Hal Ini Saat Bangun Tidur

Percaya atau tidak, sikap dan cara Anda menjelang pagi akan menentukan kualitas pekerjaan dan beragam aktivitas Anda di hari itu. Jika Anda terlambat bangun kemudian terburu-buru dalam mempersiapkan diri di pagi hari, maka emosi Anda akan lebih mudah naik dan menyebabkan siapapun yang berada di sekitar Anda merasa tidak nyaman dibuatnya. Sebaliknya, jika Anda memulai hari dengan bangun di awal pagi, bahkan sebagian orang telah memulai aktivitasnya sebelum shubuh untuk melakukan sholat sunnah, sebuah amalan yang utama untuk mendekatkan diri kepada Allah Ta’ala. Maka Anda akan lebih ceria dan cergas dalam menjelang pagi. Selain itu, berikut beberapa hal yang patut Anda hindarkan untuk tidak dilakukan begitu Anda terjaga dan menyadari bahwa hari ini Anda diberi kesempatan untuk menjelang takdir kehidupan sekali lagi.

  1. Jangan Tertidur Lagi

Jika Anda baik dengan spontan atau dengan bantuan alarm terbangun di pagi hari, jangan biarkan rasa kantuk dan malas mengalahkan Anda hingga menarik selimut dan mencoba kembali tidur. Hal ini juga tidak disarankan oleh para pakar kesehatan yang memperdalam mengenai tidur. Jika tidur kita sudah dipotong di pagi hari, sebaiknya tidak memaksakan diri untuk tidur kembali karena itu mengakibatkan badan akan terasa lebih lelah dan malas untuk bangkit dari tempat tidur.

Hindari Melakukan 5 Hal Ini Saat Bangun Tidur
Hindari Melakukan 5 Hal Ini Saat Bangun Tidur (Ilustrasi/pixabay)

Apa yang harus dilakukan jika Anda terlanjur terbangun di pagi hari untuk mengusir rasa kantuk? Renggangkan seluruh kaki dan tangan Anda sekuat tenaga. Semakin sendi dan otot diregangkan akan membuat metabolisme terpacu dan oksigen akan terambil ke dalam sel dan otak hingga kita merasa lebih awas dan siap untuk bangun dan beraktivitas.

  1. Jangan Membuka Social Media atau Email

Memang bersegera membuka berapa notifikasi yang kita dapatkan di sosial media atau pesan yang kita terima di email sangat menggiurkan dan bahkan menjadi kebiasaan bagi sebagian orang untuk memulai harinya. Namun kebiasaan membuka handphone di pagi hari saat bangun tidur justru membuat kita akan lebih lambat bangkit dari tempat tidur dan memberi kesempatan untuk kita berleha-leha dan terlambat memulai hari.

Selain itu, membiasakan diri membuka pikiran membaca beragam informasi yang dijejalkan melalui layar gagdet kita akan membuat pagi menjadi berkurang kesyahduannya karena sudah terlanjur terwarnai oleh kegaduhan pernak-pernik keadaan dunia yang tidak ada habisnya itu.

Apa yang harus dilakukan?

Lebih baik memulai pagi dengan berdzikir atau bermeditasi menenangkan pikiran dan membuka hati untuk menerima apapun yang telah Tuhan takdirkan pada hari itu. Selain itu, merancang kegiatan di pagi hari setidaknya dalam benak pikiran akan memudahkan kita untuk menata aktivitas kita di hari itu sehingga menjadi lebih tertib.

  1. Hindari Minum Kopi Di Pagi Hari

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pada pada pukul 8.00 dan 9.00 pagi tubuh kita memproduksi hormon kortisol dalam jumlah yang banyak, hormon ini dikenal sebagai hormon yang memberikan energi bagi tubuh. Minum kopi pada jam tersebut akan menghambat pembentukan hormon kortisol, akibatnya justru seseorang akan merasa kurang bertenaga dibanding yang seharusnya. Kalaupun Anda masih membutuhkan meminum segelas kopi dan sudah terbiasa mencium aroma kopi di pagi hari, minumlah dalam perjalanan ke kantor atau saat telah tiba di kantor namun tidak pada awal pagi.

  1. Tinggalkan Tempat Dalam Keadaan Rapi

Jika Anda sedang terburu-buru, maka tips ini pasti tidak mungkin untuk dilakukan, apalagi jika Anda terbiasa meninggalkan semua pekerjaan rumah pada para pembantu. Sebenarnya Anda hanya memerlukan waktu lima menit saja untuk merapikan sedikit kamar Anda, sebuah ruangan yang amat penting untuk kita melepas lelah dan mengisi kembali energi tubuh kita. Kebiasaan merapikan sendiri tempat tidur atau ruangan merupakan cerminan dari kebersyukuran yang memberikan energi yang positif bagi diri dan memancing kebaikan yang banyak, suatu hal yang baik untuk memulai hari Anda.

  1. Jangan Bangun Di Ruangan Yang Gelap Gulita

Walaupun tidur dalam ruangan yang gelap gulita baik untuk mendapatkan kualitas tidur yang dalam, namun tubuh pun memiliki jam biologisnya yang mendapatkan pengaruh dari pencahayaan di sekitarnya. Mengusahakan diri bangun di ruangan yang gelap gulita akan sangat sulit bagi otak Anda dan akan membuat Anda sangat lelah. Demikian pun dengan serta merta menyalakan lampu yang silau bagaikan sinar matahari bisa membuat Anda pusing. Maka lebih baik untuk bangun di pagi hari saat matahari belum begitu terang dan buka tirai sedikit untuk membiarkan sinar matahari pagi yang segar dan membawa kesehatan menerpa ruangan kita.

(Adaptasi dari : https://www.davidwolfe.com/5-things-never-do-morning/)

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- foto cewek bangun tidur foto cewek tidur, - foto cewek lagi demam tidur dikamar, - foto cewek lelah ter tidur dikamar

data-ad-format="link">
Hindari Melakukan 5 Hal Ini Saat Bangun Tidur Post in | Last updated: January 5th, 2017 | 160 views
Kontributor Infosehatkeluarga.com - Reigersbos, Amsterdam. Enthusiastic, experienced in marketing, healthcare and customer care over 10 years with an excellent interpersonal and team-management skills

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *