Pembengkakan pada belakang telinga bayi
Pembengkakan pada belakang telinga anak (Ilustrasi/thinkstock)

Kenali Benjolan pada Belakang Telinga Bayi

Anda mungkin tanpa sengaja pernah menemukan benjolan kecil layaknya biji kacang hijau pada bagian belakang daun telinga yang berisi cairan kenyal pada bayi. Anda perlu mewaspadainya, karena bisa saja benjolan tersebut dapat membesar dan membahayakan anak. Benjolan kecil yang terdapat di bagian belakang daun telinga bisa disebabkan karena kelenjar getah bening yang membesar. Kelenjar getah bening berguna dalam memproduksi sel darah putih yang memiliki fungsi sebagai lawan mikroorganisme yang dapat membahayakan tubuh. Kelenjar ini pada dasarnya berada di ketiak, lipatan paha, leher, jantung, samping kanan, dan juga kiri. Jika dibiarkan, kelenjar ini dapat mengalami pembesaran serta mengganggu kesehatan tubuh anak Anda, dalam jangka panjang bahkan bisa mengakibatkan terjadinya kanker getah bening.

Pembengkakan pada belakang telinga bayi
Pembengkakan pada belakang telinga anak (Ilustrasi/thinkstock)

Pembengkakan yang terjadi pada bagian belakang telinga anak atau yang lebih sering dikenal sebagai kelenjar getah bening ini merupakan masalah yang disebabkan karena sistem kekebalan tubuh. Jika terjadi infeksi, maka benjolan dapat semakin membesar. Pada keadaan normal, kelenjar getah bening tidak dapat terasa, namun jika kelenjar getah bening telah melebihi 1 cm, maka hal tersebut kemungkinan merupakan kelainan yang dapat menyebabkan masalah pada anak Anda. Meski setiap anak pada dasarnya mempunyai kelenjar getah bening yang berfungsi sebagai pertahanan agar tidak mudah sakit.

Namun jika mengalami infeksi, maka kelenjar getah bening dapat semakin besar. Salah satunya disebabkan karena infeksi yang diakibatkan oleh tonsil yakni adanya kuman streptokokus pada anak, sehingga menjadikan pilek dan juga demam. Sehingga pembesaran kelenjar yang terlihat pada bagian bawah rahang menjadi semakin besar. Saat anak sering mengalami sakit seperti halnya demam, pilek, batuk, atau flu, maka kelenjar betah bening pada bagian belakang kepala akan semakin membesar. Pembesaran kelenjar getah bening bisa mengakibatkan beberapa kemungkinan penyakit mulai dari yang ringan hingga membahayakan.

Beberapa kemungkinan penyakit yang disebabkan karena pembesaran kelenjar getah bening adalah sebegai berikut:

Infeksi Akut

Kelenjar getah bening yang membesar dapat mengakibatkan infeksi akut di sekitar kepala dan juga leher. Pembengkakan tersebut dapat terjadi seiring dengan kondisi tubuh yang mengalami demam serta terjadinya konsistensi lunak dan juga kemerahan. Hal tersebut dapat disebabkan karena adanya infeksi bakteri. Meski demikian, pembengkakan akan dapat sembuh dengan sendirinya.

Infeksi kronik

Kelenjar getah bening yang membesar ini disebabkan oleh adanya Micobacterium tuberculosa. Penyakit ini berkaitan dengan paru – paru. Meski demikian, bayi yang memiliki paru – paru sehat juga dapat mengalami infeksi ini. Pemeriksaan yang lebih lanjut tentunya akan sangat diperlukan untuk mengetahui kesehatan paru – paru.

Kanker Primer Pembesaran Kelenjar getah Bening

Kanker ini dapat sembuh jika telah terdeteksi dini. Namun, jika semakin besar dan belum memperoleh pertolongan, maka pembengkakan akan menyebar ke tempat lain. Misalnya saja pada lipatan paha atau ketiak yang membuat pembengkakan menjadi sulit untuk sembuh. Saat stadium lanjut, pembengkakan bahkan dapat kambuh lagi dan menjadi cukup besar.

Anda sebaiknya melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi ke dokter anak untuk dapat memastikan pembesaran kelenjar yang terjadi pada anak Anda. Pemberian pertolongan yang tepat pada pembesaran yang belum terlalu parah tentunya akan membuat proses pemulihan menjadi cepat serta menghindari resiko untuk muncul kembali.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- benjolan kecil di belakang telinga anak, - benjolan di belakang telinga bayi, - benjolan kecil di belakang telinga bayi, - obat benjolan di belakang telinga bayi, - Benjolan dibelakang telinga bayi, - benjolan di belakang telinga anak sejak lahir, - benjolan di belakang telinga kanan pada anak, - benjolan di belakang telinga bayi 1 tahun, - benjolan di belakang telinga pada bayi, - benjolan kecil di belakang telinga kanan

data-ad-format="link">
Kenali Benjolan pada Belakang Telinga Bayi Post in | Last updated: December 21st, 2015 | 4,017 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *