Penyakit Herpes

Penyakit Herpes adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri, dimana virus dan bakteri penyebab herpes itulah yang membedakan jenis penyakit herpes yang diderita, karena ada beberapa virus yang dapat mengakibatkan penyakit herpes diantaranya adalah virus varicella zoster dan virus herpes simpleks atau biasa dikenal dengan virus HSV.

Berikut klasifikasi penyakit herpes berdasarkan penyebabnya :

  1. Herpes zoster adalah jenis penyakit herpes yang disebabkan oleh virus varicella zoster, virus yang juga menyebabkan penyakit cacar air, jadi penyakit herpes jenis ini bukan penyakit herpes menular s*ksual seperti yang banyak orang ketahui selama ini.
  2. Herpes simpleks adalah jenis penyakit herpes yang disebabkan oleh virus herpes simpleks atau virus HSV. Namun herpes jenis ini dibedakan lagi dengan dua jenis virus yang berbeda sehingga jenisnya pun berbeda yaitu:
    – herpes simpleks tipe 1 (herpes oral) yang disebabkan oleh virus HSV 1, dan
    – herpes simpleks tipe 2 (herpes g*nital) yang disebabkan oleh virus HSV 2.

Jenis Penyakit Herpes dan Gejalanya

Ada dua jenis penyakit herpes karena virus, yaitu :

  1. Herpes Zoster (Cacar Ular).
    Penyebabnya virus cacar air (Varicela zoster).
    Orang yang kena penyakit ini biasanya sudah pernah mengalami cacar air. Sewaktu penyakit cacar airnya sembuh, ada virus bandel yang masih hidup dan bersembunyi di simpul saraf dalam tubuh. Jika daya tahan tubuh menurun, misalnya karena terlalu lelah dan stres, maka virus yang bersembunyi tidak keluar menyerang saraf-saraf kulit. Terjadilah penyakit herpes zoster.Menurut wikipedia: Herpes zoster (nama lain: shingles atau cacar ular cacar api) adalah penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster. Setelah seseorang menderita cacar air, virus varicella-zoster akan menetap dalam kondisi dorman (tidak aktif atau laten) pada satu atau lebih ganglia (pusat saraf) posterior.Apabila seseorang mengalami penurunan imunitas seluler maka virus tersebut dapat aktif kembali dan menyebar melalui saraf tepi ke kulit sehingga menimbulkan penyakit herpes zoster. Di kulit, virus akan memperbanyak diri (multiplikasi) dan membentuk bintil-bintil kecil berwarna merah, berisi cairan, dan menggembung pada daerah sekitar kulit yang dilalui virus tersebut.Herper zoster cenderung menyerang orang lanjut usia dan penderita penyakit imunosupresif (sistem imun lemah) seperti penderita AIDS, leukemia, lupus, dan limfoma.Gejala Herpes Zoster:
    A. Menyerang separuh bagian tubuh
    B. Tidak menyebar
    C. Bentuknya berupa gelembung-gelembung berisi air yang menggerombol
    D. Rasanya nyeri sekaliPada orang tua berusia lebih dari 50 tahun sebaiknya cepat diobati oleh dokter. Bila tidak, bisa menyebabkan nyeri saraf menetap setelah herpes (neuralgia paska herpes), yaitu kulitnya sudah normal tapi tetap terasa sangat nyeri sampai bertahun-tahun. Herpes zoster ini hampir tidak pernah kambuh lagi.
  2. Herpes Simpleks
    Penyebab terjadinya penyakit herpes simpleks adalah :
    a. Virus Herpes Simpleks I (Daerah Kepala)
    Terjadi jika tertular oleh orang yang sedang menderita penyakit tersebut. Umumnya mengenai mata atau bibir dengan gejala seperti :
    – Sakit mata biasa
    – Mata merah, tapi sakit sekali
    – Bentuknya berupa gelembung-gelembung kecil berisi air atau luka-luka kecil
    – Rasanya sangat nyerib. Virus Herpes Simpleks II (K*lamin)
    Disebut juga sebagai herpes genital (k*lamin), ditularkan melalui hubungan intim dengan orang yang menderita penyakit ini. Gejalanya berupa luka-luka kecil yang sangat nyeri di daerah k*lamin. Bisa menyebabkan cacat pada bayi jika di derita oleh ibu hamil.
    Herpes simpleks ini sering kambuh, karena virusnya gemar bersembunyi di dalam sel. Sering tidak bisa dimatikan oleh obat bila bersembunyi ke dalam sel. Virus menjadi aktif dan keluar dari tempat persembunyiannya jika daya tahan tubuh menurun.Jika sudah menderita penyakit ini, terutama herpes simpleks, cara mencegah agar tidak terjadi kekambuhan adalah :
    – Konsumsi makanan bergizi
    – Olahraga
    – Cukup beristirahat fisik dan mental
    – Hindari stres
Penyakit Herpes

Penyakit Herpes

Cara Pengobatan yang Efektif Untuk Penyakit Herpes.

Pemberian obat yang lazim untuk Herpes seperti: Acyclovir, sangat dianjurkan dan perlu. Pengobatan seperti itu bisa memerlukan waktu beberapa hari bahkan minggu, tergantung daya tahan tubuh si penderita dalam memerangi virus Herpes tersebut.

Untuk pengobatan efektif, silahkan hubungi kami untuk keterangan lebih lanjut.

Demikianlah artikel mengenai Penyakit Herpes, semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

*