Penyebab tidak bisa tidur nyenyak
Penyebab tidak bisa tidur nyenyak

17 Penyebab tidak bisa tidur nyenyak

Rata-rata kita harus tidur setidaknya tujuh jam setiap malam. Namun, menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, sekitar 40 persen dari kita tidak memenuhinya. (Baca Tanda tanda kurang tidur). Banyak alasan mengapa kita tidak bisa beristirahat sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh kita. Mencari tahu penyebabnya, dan membuat perubahan, bisa menjadi kunci untuk mendapatkan istirahat yang lebih banyak dan lebih baik. Inilah penyebab tidak bisa tidur nyenyak.

Penyebab tidak bisa tidur nyenyak

  • Kebisingan

Kebisingan merupakan salah satu penyebab kita tidak bisa tidur nyenyak. Baik itu suara kipas, suara air menetes dari kran, jam dinidng yang berdetak, suara gonggongan anjing tetangga, suara mobil lalu lalang, semuanya bisa memjadi penyebab tidak bisa tidur nyenyak.

  • Teman sekamar yang gelisah atau mendengkur

Jika teman sekamar kita gelisah atau mendengkur juga dapat merusak kualitas tidur kita.

  • Kamar Tidur Terlalu Panas atau Dingin

Suhu kamar yang optimal untuk tidur ialah antara 16 dan 20 derajat Celcius. Ini sebenarnya ukuran relatif setiap orang berbeda-beda, namun jika disuruh memilih kamar yang panas atau dingin, mungkin sebaiknya pilih kamar yang dingin. Jika ruangan terlalu hangat, tubuh tidak dapat mencapai suhu optimal yang dibutuhkan untuk tertidur.

  • Masalah pada punggung

Sakit punggung dapat membuat kita tidak bisa tidur nyenyak. Jika Anda menderita sakit punggung, sebaiknya segera diobati. Penting juga untuk memastikan Anda tidak tidur dalam posisi yang memperparah rasa sakit, seperti pada perut. Mari Mengenal Nyeri Punggung.

  • Layar
Penyebab tidak bisa tidur nyenyak
Penyebab tidak bisa tidur nyenyak

Layar sudah tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari, mulai dari mencari berita, sampai pada media sosial. Layar memancarkan semacam cahaya biru yang mirip cahaya matahari dan menekan kemampuan kita untuk menghasilkan melatonin, hormon yang membuat kita mudah tidur di malam hari. Singkirkan layar setidaknya dua jam sebelum tidur akan membantu untuk bisa tertidur secara alami.

  • Anak-anak

Setelah kita menjadi orang tua, kebiasaan atau biologi mendorong kita untuk tidur dengan satu telinga terbuka, yang berarti orang tua sering tidak pernah benar-benar tidak bisa tidur nyenyak sesuai dengan yang diinginkan tubuh mereka. Tengah malam bangun tidur, atau bangun pagi-pagi sekali, juga memotong waktu tidur orang dewasa selama bertahun-tahun.

  • Kasur

Kasur yang tidak nyaman bisa membuat Anda merasa kurang beristirahat di pagi hari. Terlalu lunak, terlalu keras, dan terlalu tua bisa mengganggu kenyamanan saat tidur.

  • Terlalu Banyak Kafein

Kafein sangat bagus di pagi hari karena membantu menghilangkan rasa ngantuk dan kelesuan. Tetapi itu memiliki efek yang sama ketika Anda meminumnya di siang hari, Jika Anda sensitif terhadap kafein, batasi diri Anda hanya mengonsumsinya sebelum makan siang. Jika sore atau malam hari Anda ingin menikmati minuman, pilihlah minuman yang tidak mengandung kafein.

  • Terlalu kenyang

Tidur yang buruk dan makan berlebih memiliki koneksi yang kuat. Dua hormon yang dilepaskan untuk mengirim dan menerima isyarat rasa lapar, ghrelin dan leptin dipengaruhi oleh tidur. Ghrelin mendorong rasa lapar, dan leptin menurunkannya. Jika Anda kurang tidur, ghrelin meningkat dan leptin menurun, membuat Anda lapar bahkan pada malam hari yang membuat Anda gelisah ketika seharusnya tidur.

  • Obat-obatan

Beberapa obat dapat menyebabkan rasa kantuk, namun ada juga yang dapat mengganggu tidur. Jika Anda memperhatikan bahwa Anda tidak dapat tidur nyenyak sejak mengonsumsi obat, mungkin sebaiknya Anda mengonsultasikannya dengan dokter.

  • Masalah medis

Sejumlah masalah medis dapat menyebabkan insomnia atau gangguan tidur. Alergi dan masalah pernapasan, seperti sleep apnea, refluks, artritis, masalah tiroid, sakit punggung atau leher kronis, dan asma semuanya bisa menyebabkan kita tidak dapat tidur dengan nyenyak.

  • Jadwal Tidur Tidak Teratur

Kebiasaan tidur yang tidak teratur memiliki sejumlah efek negatif, termasuk menyebabkan tidak dapat tidur nyenyak.

  • Cahaya di dalam ruangan.

Paparan cahaya selama tidur mempengaruhi produksi dan pelepasan hormon, yang dapat mempengaruhi kualitas. Membatasi pemaparan cahaya yang masuk ke dalam kamar, termasuk lampu tidur dan lampu, akan bisa membawa kita untuk tidur dengan nyenyak. Baca juga: 4 Bahaya Tidur dengan Lampu Menyala.

  • Menopause
Penyebab tidak bisa tidur nyenyak - Menopause
Menopause merupakan salah satu penyebab tidak bisa tidur nyenyak

Menopause merupakan masa pergolakan hormonal bagi wanita yang secara langsung memengaruhi kualitas tidur. Jumlah progesteron dan estrogen yang lebih rendah menyebabkan tubuh merasa berbeda, sering terlalu hangat atau gelisah, lelah, tetapi tidak dapat tertidur.

  • Alko**hol

Alko**hol bekerja di otak dengan cara yang membuat Anda tidak bisa mendapatkan kualitas tidur.

  • Hewan peliharaan

Banyak orang yang menyukai tidur dengan hewan peliharaan mereka. Tetapi hewan peliharaan benar-benar bukanlah teman tidur yang baik. Siklus tidur mereka jauh lebih pendek dari kita.

  • Stres dan Kecemasan

Kecemasan terhadap pekerjaan, keluarga, hubungan, keuangan dan sekolah semuanya dapat menyebabkan Anda tidak bisa tidur nyenyak.

Demikianlah penyebab tidak bisa tidur nyenyak, semoga bermanfaat.

data-ad-format="link">
17 Penyebab tidak bisa tidur nyenyak Post in | Last updated: March 22nd, 2018 | 102 views
Saya seorang Blogger, Internet marketer, dan Independent distributor produk kesehatan