Tips kesehatan yang aneh tapi nyata
Tips kesehatan yang aneh tapi nyata (Ilustrasi/pixabay)

12 Tips Kesehatan yang Aneh-Tapi-Nyata

Banyak sekali tips kesehatan yang tentunya sudah Anda ketahui. Turunkan berat badan, tidur cukup, minum air putih yang banyak, dan lainnya. Tips-tips yang Anda dapatkan selama ini mungkin sudah tepat. Tapi ternyata ada tips yang mungkin terdengar aneh, tapi sesungguhnya memiliki manfaat yang tidak sesuai dengan perkiraan Anda.

12 Tips Kesehatan yang Aneh-Tapi-Nyata

Tips kesehatan yang aneh tapi nyata
Tips kesehatan yang aneh tapi nyata (Ilustrasi/pixabay)

1. Minum kopi agar tidur siang lebih nyenyak

Sebuah penelitian di Jepang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi 200 miligram kafein (setara 1-2 cangkir kopi) lalu langsung beristirahat selama 20 menit ternyata memiliki performa lebih baik dibandingkan mereka yang tidak minum kopi.

Pertanyaannya, mengapa? Di akhir 20 menit istirahat tersebut, kafein mulai bereaksi dan membersihkan otak dari molekul bernama adenosin. Tingkat adenosin yang tinggi dapat menyebabkan kelelahan. Saat istirahat dikombinasikan dengan kafein, kadar adenosin di otak menurun drastis dan menghasilkan kualitas tidur yang lebih tinggi. Baca juga: 5 Tips Meminum Kopi dengan Sehat.

2. Jangan menyikat gigi setelah makan

Jangan menyikat langsung gigi Anda setelah makan dan minum, terutama jika makanan atau minuman yang Anda konsumsi bersifat asam. Makanan asam, seperti jeruk, tomat, soda, dapat menipiskan enamel gigi, seperti dikatakan oleh Howard R. Gamble, mantan president dari Academy of General Dentistry. Menyikat gigi langsung setelah mengonsumsi makanan asam dapat mempercepat erosi pada enamel gigi. Howard R. Gamble menyarankan untuk menunggu 30 hingga 60 menit sebelum menyikat gigi. Baca juga: Perhatikan 4 Hal Penting Ini Saat Menggosok Gigi.

3. Tingkatkan berat badan jika ingin lebih kurus

Lebih tepatnya, tingkatkan massa otot Anda. Biarpun massa lemak dan otot tidak jauh berbeda, lemak memiliki volume yang lebih tinggi dibandingkan otot. Anda dapat memiliki otot dan tetap langsing dengan cara membakar lemak saat berolahraga.

4. Makan banyak agar anda dapat makan sedikit

Memakan kue yang mengandung 100 kalori dapat membuat Anda merasa lebih lapar dibandingkan jika memakan makanan yang lebih kompleks, begitulah dipaparkan oleh Amy Goodson, RD, dari Texas Health Ben Hogan Sports Medicine. “Memakan karbohidrat dalam jumlah sedikit hanya akan meningkatkan gula darah Anda dan membuat anda menginginkan lebih.” Goodson menyarankan makanan yang mengandung protein tinggi seperti selai kacang, atau keju dengan apel. Makanan seperti itu memiliki kalori yang lebih tinggi tapi kadar protein dan lemak di dalamnya dapat mengenyangkan lebih lama, sehingga nafsu makan kita dapat terjaga lebih terjaga.

5. Jangan mengonsumsi minuman berenergi saat anda lelah

Minuman berenergi mengandung kafein 5 kali lipat lebih banyak dibandingkan kopi biasa, tetapi stimulasi yang didapat muncul bersama dengan efek samping lain yaitu gelisah, rasa tidak nyaman, dan berdebar-debar. Selain itu, minuman berenergi mengandung kadar taurin dan gula yang tinggi. Rasa manis berlebihan akan meningkatkan kadar gula darah, yang dapat menyebabkan anda merasa lemas dan lesu beberapa saat kemudian. Baca juga: Efek samping minuman energi.

6. Minum air saat anda merasa kembung

Saat kembung, Anda mungkin berpikir air hanya akan memperparah kondisi Anda. Tapi tidak ternyata menurut James Lee, MD. Lee menyampaikan, “Air akan bercampur dengan fiber lalu membentuk campuran berbentuk gel. Campuran ini akan meningkatkan motilitas usus dan mengurangi gejala kembung.”

7. Jangan minum soda diet jika ingin turun berat badan

Buang semua soda, termasuk yang diet. Penelitian dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health menemukan bahwa orang dewasa obesitas yang mengonsumsi soda diet memiliki kecenderungan untuk makan lebih banyak daripada orang dewasa obesitas yang mengonsumsi soda reguler. Penelitian dari University of Texas juga menunjukkan bahwa orang yang meminum soda diet memiliki risiko 70% lebih besar peningkatan lingkar pinggang dibandingkan orang yang tidak minum soda diet Baca juga: Bahaya Diet Soda.

8. Teguklah minuman panas untuk menurunkan suhu tubuh

Minuman mana yang anda pilih untuk menurunkan suhu tubuh anda? Segelas es teh atau teh hangat? Beberapa penelitian menunjukkan bahwa saat anda meneguk minuman panas, badan akan merespon perubahan suhu dengan meningkatkan produksi keringat. Saat tubuh mengeluarkan keringat, suhu tubuh pun berkurang.

9. Berolahragalah saat anda lelah

Setelah hari yang panjang dan melelahkan Anda tentunya ingin segera merebahkan diri di kasur yang empuk. Sebelum Anda melakukannya, akan lebih baik jika Anda melakukan olahraga dengan intensitas sedang selama 30 menit. Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di Medicine and Science in Sports and Exercise, rasa lelah yang dibarengi dengan depresi dapat dikurangi dengan berolahraga. Olahraga juga dapat meningkatkan mood anda menjadi lebih ceria.

10. Gunakan tulisan tangan untuk meningkatkan daya ingat

Zaman modern memang menuntut kita untuk menggunakan teknologi dalam berbagai hal. Tapi ternyata sebuah penelitian menunjukkan bahwa catatan tulisan tangan memudahkan penulisnya untuk mengingat tulisannya lebih baik.

11. Ingin lebih awet dengan pasangan? Kurangi waktu bersama

Tips ini mungkin terdengar sangat aneh, ingin awet tapi malah harus mengurangi waktu. Sebuah penelitian menemukan ternyata setiap orang perlu waktu sendiri untuk mengenal dirinya sendiri. Waktu untuk diri sendiri juga dapat menurunkan tingkat cemas dan stress. Menghabiskan waktu terus menerus tanpa jeda dengan pasangan dapat memunculkan rasa jenuh dan hal negatif lainnya.

12. Sabun antibakteri? Tidak perlu!

Banyak sabun yang memiliki label khusus antibakteri. Sampai saat ini belum ditemukan bukti bahwa sabun antibakteri lebih efektif daripada sabun biasa. Di samping itu, penggunaan jangka panjang sabun antibakteri malah dapat meningkatkan risiko resistensi bakteri atau gangguan hormonal.


Sumber: www.health.com/health/gallery/0,,20857218,00.html

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- tips aneh, - tips tips aneh, - tips aneh tapi nyata, - tips kesehatan aneh, - aneh tapi nyata, - artikel kesehatan aneh tapi nyata, - contoh tips yg aneh tapi nyata, - www tipskesehatan xyz, - makanan ben r lemes, - Tip tip aneh

data-ad-format="link">
12 Tips Kesehatan yang Aneh-Tapi-Nyata Post in | Last updated: April 30th, 2018 | 143 views
Aditya Nurtantijo
Kontributor Infosehatkeluarga.com Bandung - Atlas Medical Pioneer - Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *