3 Bahaya Jika Terlalu Banyak Meminum Air Putih

Dalam menjalankan fungsinya dengan baik, tubuh membutuhkan air, meskipun keadaan tidur. Air putih sangat penting bagi kelangsungan hidup manusia, karena berguna dalam tubuh mengeluarkan racun. Jadi kita disarankan untuk mengonsumsi air yang cukup dan teratur. Ketika tubuh kekurangan air, dapat menyebabkan dehidrasi dan banyak penyakit lainnya.

Walau banyak manfaat dalam mengonsumsi air putih secara teratur, tetapi perlu anda ketahui bahwa ternyata ada bahaya jika terlalu banyak minum air putih. Memang, hal-hal yang dilakukan secara berlebihan tentu hasilnya tidaklah baik. Untuk itu, kita harus mulai membiasakan untuk mengatur konsumsi air bagi tubuh. Karena jika terlalu berlebihan tidak akan menimbulkan manfaat bagi tubuh melainkan timbulnya beberapa penyakit.

Akibat terlalu banyak minum air

Akibat terlalu banyak minum air (Ilustrasi/pixabay)

Berikut inilah bahayanya jika terlalu banyak mengonsumsi air putih:

1. Hiponatremia esofagus

Mungkin ini terdengar aneh di telinga Anda yang tidak ahli dalam bidang kesehatan. Hiponatremia adalah suatu kondisi dimana tingkat rendah natrium atau garam dalam darah. Hiponatremia disebabkan karena overdehidrasi mengonsumsi terlalu banyak air ketika haus berlebihan atau polidipsia. Kondisi ini mungkin terjadi selama olahraga dan aktivitas berat. IMMDA (International Association Direksi Medis Marathon) merekomendasikan bahwa semua manusia sebaiknya mengonsumsi air sebanyak 0,03 liter per kg berat badan. Misalnya, 50 kg berat badan. Jadi orang ini disarankan untuk minum air tidak lebih dari 1,5 liter per hari.

2. Hal ini dapat merusak ginjal

Ginjal merupakan organ penting dalam tubuh, karena bertindak sebagai filter cairan dalam tubuh dan menghilangkan racun dalam tubuh. Ketika tubuh menerima asupan air terlalu banyak akan membuat ginjal bekerja lebih keras untuk menyaring air melalui glomerulus. Nah, glomelurus bisa rusak karena terlalu lelah dalam bekerja menyaring air yang sebenarnya tidak bermanfaat bagi tubuh. Organ-organ tubuh membutuhkan istirahat juga. Jika mereka bekerja keras setiap hari, tentu itu membuatnya lelah sehingga mengalami kerusakan. Sama seperti mesin, yang lebih mudah rusak bila terlalu sering digunakan.

3. Munculnya pembengkakan sel tubuh

Selain mengganggu ginjal dan menyebabkan hiponatremia, Kerugian lain jika terlalu banyak air dalam tubuh ialah membuat sel-sel tubuh rusak. Jika cairan tubuh terlalu banyak dapat mengubah viskositas (gangguan kekentalan darah) dalam tubuh. Gangguan kekentalan darah dapat menurunkan kadar natrium dalam tubuh yang juga mengganggu sistem sirkulasi tubuh. Inilah yang menyebabkan peradangan atau pembengkakan sel-sel tubuh. Pembengkakan sel-sel mempunyai risiko serius bagi kondisi tubuh, seperti : kejang, pingsan, koma bahkan yang lebih berbahaya ialah dapat menyebabkan kematian.

Setelah membaca di atas, tentu saja membuat Anda tahu beberapa bahaya akibat dari mengonsumsi terlalu banyak air putih. Kekurangan air ataupun terlalu banyak air dalam tubuh sama-sama membahayakan tubuh kita. Sebagai seorang yang mencintai tubuh, kita usahakan untuk minum air sebanyak 1,5 liter – 2 liter per hari atau mengikuti aturan IMMDA. Jangan lupa juga saat anda bekerja berat, jaga tubuh agar tidak kekurangan air putih.

Anda harus tahu kapan tubuh membutuhkan cairan dan secara tepat menghitung konsumsi air yang masuk dalam tubuh. Kecuali Anda sakit yang membutuhkan banyak air. Aturlah semua nutrisi dan cairan yang dikonsumsi oleh tubuh setiap hari, agar hidup lebih bahagia dan lebih lama bersama orang-orang tercinta.

Leave a Reply

*