Cara mencegah osteoporosis di masa tua
Cara mencegah osteoporosis di masa tua (Ilustrasi/pixabay)

3 Cara Mencegah Osteoporosis Di Masa Tua

Saat seseorang menjadi semakin tua pasti seluruh aspek metabolisme menjadi menurun dan begitu juga dengan tulang Anda. Dengan semakin tua seseorang, maka orang tersebut pasti akan mengalami pengeroposan tulang atau yang biasa disebut dengan osteoporosis. Lebih jelasnya osteoporosis merupakan suatu peristiwa dimana densitas tulang berkurang sehingga tulang menjadi lebih rapuh. Berdasarkan hasil survey, wanita yang sudah tua dengan kisaran umur 50 tahun ke atas akan lebih mudah mengalami osteoporosis dibandingkan laki- laki. Maka dari itu wanita perlu untuk lebih berhati – hati terhadap kemungkinan terjadinya pengeroposan tulang. Untuk mengetahui apakah tulang Anda mengalami osteoporosis, Anda perlu untuk melakukan pengecekan di rumah sakit maupun klinik kesehatan yang menyediakan jasa layanan ini. Setelah itu langkah yang harus Anda ambil ialah melakukan pencegahan terhadap terjadinya osteoporosis. Langkah–langkah pencegahan osteoporosis dapat Anda simak sebagai berikut.

Cara mencegah osteoporosis di masa tua
Cara mencegah osteoporosis di masa tua (Ilustrasi/pixabay)
  1. Mengonsumsi Kalsium Secara Rutin

Kalsium merupakan salah satu mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun tulang dan gigi. Setiap hari kita selalu kehilangan kalsium melalui urin, keringat, dan pertumbuhan kuku. Padahal tubuh kita tidak dapat memproduksi kalsium sendiri. Jika hal itu dibiarkan, tubuh akan mengambil kalsium dari tulang. Maka dari itu mengonsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup akan sangat membantu tubuh dalam memulihkan kekurangan kalsium. Berikutnya pasti Anda akan bertanya mengenai seberapa banyak kalsium yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk orang yang berumur 50 tahun ke bawah, kalsium yang dibutuhkan ialah sebanyak 1000 mg setiap harinya. Sedangkan untuk umur 50 tahun ke atas, Anda perlu untuk mengonsumsi sekitar 1200 mg setiap harinya.

  1. Berolah Raga Secara Teratur

Olahraga memang sangat mempengaruhi kesehatan kita dan ternyata ini juga berdampak pada penurunan tingkat kemungkinan terkena osteoporosis. Jenis olahraga yang dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis ialah latihan menahan beban, latihan penguatan otot, dan olahraga yang berkaitan dengan fungsional keseimbangan. Tentunya semua jenis olahraga tersebut hanya perlu untuk dilakukan secara cukup dan teratur. Tidak perlu untuk melakukannya secara ekstrim. Untuk latihan menahan beban, Anda hanya perlu melakukannya sebanyak 30 menit setiap harinya. Untuk latihan penguatan otot hanya perlu dilakukan sebanyak dua sampai tiga hari dalam seminggu. Sedangkan latihan fungsional keseimbangan dapat Anda lakukan setiap hari dan semakin sering akan semakin baik. Semua itu merupakan jenis latihan yang akan sangat membantu mengurangi risiko terkena osteoporosis.

  1. Mengonsumsi Sayur Dan Buah Setiap Hari

Mengonsumsi sayur dan buah memang baik untuk kesehatan, karena memang di dalamnya terkandung berbagai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh untuk membangun tulang. Sebisa mungkin mengonsumsi sayur dan buah yang berbeda jenisnya setiap hari. Hal tersebut akan sangat membantu tubuh untuk memenuhi berbagai zat yang kurang di dalam tubuh. Sayur dan buah juga akan mempermudah tubuh dalam penyerapan kalsium. Konsumsi sayur dan buah ini perlu untuk dilakukan setiap hari untuk mencegah terjadinya osteoporosis.

Artikel ini masuk dalam pembahasan:

- cara mencegah osteoporosis dimasa tua, - cara mencegah osteoporosis pada masa tua, - mencegah osteoporosis di hari tua

data-ad-format="link">
3 Cara Mencegah Osteoporosis Di Masa Tua Post in | Last updated: January 6th, 2017 | 46 views
Novia Nur FS
Kontributor Info Sehat Keluarga from Yogyakarta. I am International master student at National Taiwan University of Science and Technology.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *